Senin, 29 November 2010

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Anak adalah merupakan titipan Tuhan yang tak ternilai harganya. Tuk itu jangan kita menyia nyiakan anak yang terlahir dari rahim kita, baik dia nanti menjadi anak yang nakal ataupun menjadi anak yang baik. Tak sedikit dari kita, bila anak kita bandel bandel lalu kita mengutuk dan mengatainya dengan kata kata yang tak sepatutnya kita sebutkan. Sebanarnya perilaku anak anak itu, bisa kita bentuk selagi dia masih kecil. Tapi kalu dia sudah besar, kita gak bisa lagi membentuknya, kalau anak sudah besar, tugas kita hanya mengawasi lagi. Nach untuk itu selagi anak anak itu masih kecil, kita usahakan untuk mengarahkan dan mendidik anak sebaik mungkin.


Beberapa tips dan cara mendidik anak yang baik:


Jawab Pertanyaannya dan Jelaskan

Di usia anak 6 tahun ke bawah, anak anak sangat ingin mengetahui segala sesuatu hal yang baru dilihatnya. Jadi jika anak bertanya sesuatu, maka jawab dan jelaskanlah dengan baik sampai mereka mengerti tentang apa yang mereka tanya itu. Serta jelaskan pula akibatnya kalau di pertanyaan dia itu mengandung akibat.


Jangan Menakut Nakutin Anak

Kalau anak anak kita bandel, rewel atau nangis, kadang kita suka menakut nakutin dengan sesuatu barang yang asing di matanya dengan tujuan kita supaya si anak mau berhenti dari tingkahnya itu. Tapi kita gak sadar kalau barang yang kita jadikan sebagai alat untuk menakut nakutin itu, maka sampai dia besar nanti, dia akan selalu takut akan barang itu. Apalagi kalau kita takut takutin dengan kata kata hantu, maka percayalah sampai dia dewasa nanti pasti akan takut dikegelapan. Kita bisa menakitin anak anak dengan kata kata seperti: "Jangan berbuat begitu Dek (Nak), nanti Tuhan marah" atau "jangan Dek (Nak) itu dosa". Sehingga kelak anak itu akan jadi anak yang takut akan TUHAN.


Jangan sering Sering Memukul Anak

Yang namanya anak anak, pasti suka rewel dan bandel. Kadang kalau perangai mereka keterlaluan, kita gak bisa menahan emosi lalu kita memukul mereka supaya mereka jera. Memukul anak itu boleh saja, tapi jangan berlebihan dan jangan sering sering. Kenapa...??? Kalau berlebihan dan terlalu sering sering memukul anak anak, maka lama lama anak itu gak akan takut lagi pada pukulan. Dalam hati mereka, mereka bilang "paling paling di pukul seperti tadi" gak apa apa. Jadi mereka akan selalu berbuat menurut kehendak hati mereka tanpa merasa takut lagi. Dan perangainya itu akan terbawa bawa sampai dewasa, dan percayalah anak itu akan jadi pengacau kelak.


Jangan Sering Membentak dan Memarahin anak

Menegur anak itu jika mereka berperangai jahat, memang harus!!! Tapi jangan melampaui batas. Kalau terlalu sering membentak dan memarahin anak anak, nanti anak itu takut sama orang lain, dan gak bisa menatap wajah orang, lama lama otaknya akan menjadi bebal atau bodoh.


Ajarin Dia Sopan Santun

Yang namanya anak anak, mereka tak lepas dari sifat bandelnya dan kata kata yang kurang sopan. Jika Anda mendengar dia menyebut kata kata yang kurang berkenan, maka tegurlah dia dan ajarin dia kata kata yang sopan.


Ajarin Dia Berbagi

Jika Anda membelikan jajan untuk anak Anda, tau tau anak tetangga main ke tempat Anda, maka suruhlah anak Anda untuk berbagi dengan si anak tetangga tadi. Itu untuk melatih supaya kelak Anak gak pelit.
http://www.hariesok.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar